Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 03 Februari 2011

Tugas Metodelogi Penelitian

1 1 . Apakah yang anda Teliti ?

2. Variabel dan pengertiannya ?

3. Sampelnya ?

4. Instruments yang digunakan untuk pengumpulan data ?


1. apakah yang akan diteliti ?

berarti menjelaskan suatu yang menjadi objek penelitian.Pada tugas ini saya akan meneliti sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan.karena saya dari jurusan s1 Penjaskes saya akan meneliti suatu objek dan masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan jasmani.penelitian yang saya lakukan ini harus benar-benar bersifat objektivitas dan dibuktikan kebenaranya.

Didalam penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan efektifitas program pembelajaran serta metode dalam belajar mengajar.

Pendidikan Jasmani merupakan salah satu dimensi tingkah laku yang sangat penting,sebab berurusan dengan kebutuhan primer manusia (kebutuhan bergerak )bersifat alamiah,nyata dan juga logis serta mencakup tidak hanya peristiwa jasmaniah,namun juga proses mental-intelektual dan social,oleh karena itu cakupan kegiatannya dapat berupa olahraga ( sport ),permainan (game),senam (gymnastic),tari (dance )dan latihan exercise (Verdien & Nixon, 1985; Barrow, 1983;Adams, 1991; dan Takahessi, 2000)..Karena itu pula tujuannya diarahkan pada pencapaian perkembangan yang menyeluruh, tidak hanya pada aspek psikomotorik,tetapi juga perkembangan pengetahuan dan penalaran (kognitif), perkembanganwatak dan sifat-sifat kepribadiannya (afektif).

Adapun permasalahan yang sering terjadi didalam pendidikan jasmani mengenai suatu pemberdayaan dalam olahraga tidak terlepas dari pola latihan serta efektifitas pengunaan bakat dari Atlet tersebut.seperti permasalahan yang akan angkat mengenai otot dan terhadap pelari sprint 100 meter.dengan judul permasalahan :

kekuatan otot tungkai kaki terhadap kecepatan lari pada lari sprint 100 meter

2. Variabel

Variabel adalah apa pun yang dapat membedakan atau membawa variasi pada nilai. Nilai bisaberbeda pada berbagai waktu untuk objek atau orang yang sama, atau pada waktu yang sama untuk objek atau orang yang berbeda. Contoh variabel adalah unit produksi, absensi, dan motivasi.

Variabel bebas

Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat, entah secara positif atau negatif. Yaitu jika terdapat variabel bebas, variabel terikat juga hadir, dan dengan setiap unit kenaikan dalam variabel bebas, terdapat pula kenaikan atau penurunan variabel terikat.Dengan kata lain, varians variabel terikat ditentu kan oleh variabel bebas. Untuk membangun hubungan sebab akibat, variabel bebas dimanipulasi (manipulated).

Pada penelitian ini yang menjadi variable bebasnya adalah otot tungkai kaki.

Variabel Terikat

Variabel terikat merupakan variabel yang menjadi perhatian utama peneliti. Tujuan penelitiadalah memahami dan membuat variabel terikat, menjelaskan variabilitasnya, atau memprediksinya. Dengan kata lain, variabel terikat merupakan variabel utama yang menjadi faktor yang berlaku dalam investigasi. Melalui analisis terhadap terikat (yaitu, menemukan variabel yang mempengaruhinya), adalah mungkin untuk menemukan jawaban atau solusi atas masalah. Untuk tujuan tersebut, peneliti akan tertarik untuk menguantifikasi dan mengukur variabel terikat, sama sepert variabel lain yang mempengaruhi variabel tersebut.

Pada penelitian ini yang menjadi variable terikat adalah kecepatan lari .

3. Sampel

Sample adalah merupakan bagian dari populasi yang ingin diteliti ; dipandang sebagai pendugaan terhadap populasi namun bukan populasi itu sendiri,sampel dianggap sebagai perwakilan populasi yang hasilnya dianggap mewakili keseluruhan gejala yang diamati.

Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah :

Siswa putra kelas VIII A dan VIII B Mts Sirajul Ulum Pontianak, yang berjumlah 40 orang Siswa.

4. Instrumen Penelitian

Instrument penelitian adalah suatu alat yang digunakan mengukur fenomena-fenomena alam maupun sosial yang diamati. Secara spesifik fenomena disebut variabel.

Adapun instrumen yang digunakan berupa test pengukuran kekuatan otot tungkai kaki dan kecepatan lari .

Untuk mendapatkan data yang diperlukan maka sample melakukan test yang telah ditetapkan, adapun test yang dilakukan adalah Leg Dynamometer untuk mengukur kekuatan otot tungkai. Dan lari sprint untuk mengukur kecepatan lari.

Pelaksanaan test

a. Test Leg dynamometer

Testee berdiri diatas tumpuan Leg Dynamometer kedua tangan masing-masing memegang bagian tengah tongkat pegangan dynamometer, mata rantai diatur sedemikian rupa sehingga posisi punggung tetap tegak akan tapi kedua lutut menekuk membentuk sudut 120 derajat, segera pasang sabuk pembantu melingkari pinggang, yang kedua ujungnya masing-masing diikatkan pada ujung tongkat pegangan Leg dynamometer. Laksanakan gerakan meluruskan kedua tungkai atas dan bawah sekuat kuatnya dengan perlahan-lahan. Gerakan dianggap gagal apabila, letak tongkat pegangan Leg dynamometer bergeser kebawah, punggung tidak tegak, kedua tangan ikut membantu menarik tongkat pegangan Leg dynamometer. Tes dilakukan sebanyak 3 kali dan diambil yang terbaik

b. Tes Kecepatan Otot Tungkai ( Lari Sprint 100 M ).

Testee berdiri dibelakang garis start dan pada aba-aba “SIAP” testee berjalan ke depan mengambil posisi start berdiri dengan kedua telapak kaki berada di belakang garis start dengan salah satu kaki berada di depan dan yang satunya ke belakang. Pada aba- aba “ya” testee segera lari sekencang kencangnya sampai menempuh garis finish yaitu 100 m. Kesempatan yang diberikan hanya sekali dan dijadikan sebagai hasil akhir. Penggukuran dilakukan dengan mencatat waktu yang ditempuh testee pada saat aba-aba “ya” sampai saat kaki menapakkan ke garis finish.

Sedangkan alat dan perlengkapan yang digunakan sebagai berikut:

a. Stop watch 1 buah

b. Leg Dynamometer

c. Cst berger 50/100 m (Meteran )

d. Kamera Canon 400D

e. Alat tulis dan lembar tes

f. Peluit

1 komentar: