Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 27 Oktober 2010

Perbedaan Pendidikan Jasmani dengan Olahraga

Terkejut aku kemarin waktu saya baru naek motor menuju ke kampus, tiba-tiba saya berhenti dan menghentikan motor sejenak untuk menerima telpon yang sudah cukup lama tidak saya jawab. Ternyata telepon itu dari teman saya yang sama-sama mengajar penjas.

Kalo tidak salah pembicaraan kami seperti:

Assalamu’alaikum. Ini saya Yofi. Ri, tolong aku dikasih tau perbedaanPendidikan Jasmani Olahraga. Akupun menjawab Okey nanti saya kasih tau, ini saya baru penjalanan mau kuliah.

Wah, ternyata masih ada juga guru olahraga yang gak ngerti perbedaan antara Pendidikan Jasmani dengan Olahraga. Makanya sering-sering mampir keguruolahragadotcom !!!!

Baiklah disini saya akan mencoba menjelaskan seingat saya mengenai perbedaanPendidikan Jasmani dengan Olahraga yang saya perolah waktu duliah Diploma II dulu.

Ada 4 aspek yang membedakan antara Pendidikan Jasmani dengan Olahraga antara lain:

  1. Tujuan Pendidikan Jasmani disesuaikan dengan tujuan pendidikan yang menyangkut pengembangan seluruh pribadi anak didik, sedangkan tujuanOlahraga adalah mengacu pada prestasi unjuk laku motorik setinggi-tingginya untuk dapat memenangkan dalam pertandingan.
  2. Isi Pembelajaran dalam pendidikan jasmani disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak didik, sedangkan pada olahraga isi pembelajaran atau isi latihan merupakan target yang harus dipenuhi.
  3. Orientasi Pembelajaran pada pendidikan jasmani berpusat pada anak didik. Artinya anak didik yang belum mampu mencapai tujuan pada waktunya diberi kesempatan lagi, sedangkan pada olahraga atlet yang tidak dapat mencapai tujuan sesuai dengan target waktu dianggap tidak berbakat dan harus diganti dengan atlet lain.
  4. Sifat kegiatan pendidikan jasmani pada pemanduan bakat yang dipakai untuk mengetahui entry behavior, sedangkan pada olahraga bertujuan untuk memilih atlet berbakat.

Baiklah mungkin itu garis besar mene

Tidak ada komentar:

Posting Komentar